Pengertian Capital Expenditure (CAPEX) dalam Dunia Finance

Warnatech.com – Apa pengertian Capital Expenditure yang pada umumnya lebih dikenal dengan CAPEX, pada artikel ini kami sudah merangkum tentang pengertian Capital Expenditure dalam dunia Finance.

Pengertian Capital Expenditure (CAPEX)

Biaya pembelian, pemeliharaan, atau perbaikan aset jangka panjang perusahaan, seperti aset, bangunan, peralatan, atau tanah, dikenal sebagai capital expenditure (CAPEX).

Memperbaiki atap gedung, misalnya, adalah contoh biaya CAPEX karena pengeluaran yang dikeluarkan akan digunakan untuk membeli aset jangka panjang.

Jenis aset yang dimiliki adalah aset tetap dan tidak dimaksudkan untuk dijual kembali di kemudian hari. Aset jangka panjang perusahaan adalah aset yang memiliki masa manfaat lebih dari satu periode akuntansi.

Pengeluaran expenditure sering dikeluarkan pada tahap awal kegiatan perusahaan. Namun, sebuah perusahaan mungkin memiliki CAPEX jika telah beroperasi untuk waktu yang lama.

Keadaan ini umumnya berkembang ketika perusahaan memulai inisiatif baru yang mendukung peningkatan pendapatan.

Misalnya, perusahaan telekomunikasi harus mengalokasikan sejumlah dana capital expenditure setiap beberapa periode untuk memperluas jaringannya sehingga lebih banyak pelanggan yang dapat dilayani.

šŸ”„TRENDING:  Berita Apa Saja yang Perlu Dibaca Sebelum Trading

Dengan meningkatnya kuantitas dan kepuasan pelanggan, potensi peningkatan pendapatan akan jauh lebih besar. Oleh karena itu, CAPEX juga dapat disebut sebagai pengeluaran atas investasi yang dilakukan oleh perusahaan.

Ini karena aset yang diciptakan sebagai konsekuensi dari pengeluaran ini membantu kelancaran dan keberhasilan fungsi perusahaan.

Tujuan Capital Expenditure (CAPEX)

Jika anda ingin memulai sebuah perusahaan atau mengelola bisnis, perusahaan harus menghitung capital expenditure. Ada berbagai fungsi yang menyederhanakan operasi operasional untuk perusahaan seperti, yaitu:

1. Perhitungan CAPEX di Gunakan Sebagai Referensi Jangka Panjang

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, karena capital expenditure adalah perhitungan expenditure versus aset jangka panjang, perhitungan tersebut dapat berfungsi sebagai panduan untuk organisasi dengan cakrawala waktu yang lama.

Perusahaan yang mengeluarkan expenditure akan mendapatkan efek dari pengeluaran tersebut dalam jangka panjang. Efek baik dan negatif mungkin terjadi.

Seperti ketika sebuah perusahaan ingin berinvestasi dalam kemajuan teknologi baru sebagai bagian dari proses manufakturnya.

Tujuan perusahaan adalah untuk meningkatkan proses peralatannya dengan menggunakan teknologi mutakhir. Untuk memperoleh peralatan ini membutuhkan biaya yang cukup besar sehingga efeknya terlihat dengan uang perusahaan yang berkurang.

šŸ”„TRENDING:  Memulai Pengembangan Usaha, Simak 6 Tips Ini

Meskipun demikian, ada pengaruh menguntungkan yang dirasakan oleh perusahaan, terutama produktivitas akan tumbuh.

Pengurangan expenditure perusahaan akan berpengaruh pada jumlah kas yang menjadi selisih nol, tetapi dapat juga mempengaruhi berbagai hal lainnya.

Oleh karena itu, sebelum memilih untuk mengakuisisi aset perusahaan yang memiliki pengaruh jangka panjang, harus dievaluasi secara menyeluruh.

Pencarian Populer

Contoh Perhitungan Capex Dan Opex - Revenue Expenditure Adalah - Capex Dan Opex Adalah - Capital Expenditure Contoh - Contoh Capital Expenditure Dan Revenue Expenditure - Operating Expenditure Adalah - Opex Adalah - Rumus Capex - Rumus Capex -

Isi Artikel

1 2 3Next page
Back to top button